Tips menggambar di komputer untuk pemula

Maaf bukan bermaksud menggurui, tapi hanya ingin berbagi tips, dan ini bukan tutorial, kebetulan saya juga tidak meiliki scaner :) , selama ini hanya mengandalkan kamera ponsel sebagai pengganti scaner.
oke start, kebanyakan para seniman profesional yang mengandalkan komputer selalu menggambar di komputer menggunakan PEN TABLET, tapi berhubung harganya mahal, kebanyakan desainer lokal mengandalkan pensil, kertas, dan scaner.
Tapi bagaimana jika tidak memliki scaner? tenang !!! kalau memang semuanya serba pas pasan (seperti saya), masih ada corel draw (yang ini enggak gratis) atau software pengolah vektor lainnya (yang gratisan aja), dan di gabungkan dengan photoshop (enggak gratis juga) atau menggunakan GIMP (ini software gratis), dan ganti scaner dengan KAMERA PONSEL :D
pertama buat sheetnya di kertas. (sebelumnya anda harus memahami seluk beluk bodi dan cara menggunakan corel)

kemuadian potret menggunakan ponsel, dan transfer ke PC. dan edit menggunakan corel.

dan jangan pernah punya pikiran model di kertas anda adalah FINISH / SELESAI, sebab saat edit model sheet menggunakan corel draw, pasti akan terjadi banyak perubahan di model anda, dan biasanya ide-ide itu akan muncul saat sedang aktif mengedit.

contohnya model saya, sangat berubah drastis, mulai rambut depan yang panjang berubah menjadi pendek.
Di corel draw kita bisa memperbaiki baju, rambut, bahkan bodinya.

saat proses menggunakan corel sangat di butuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi.
kemudian jika selesai, import ke photoshop atau gimp (saya menggunakan photoshop), dan buatlah layer baru untuk tiap pewarnaan agar mudah di edit (lihat lingkaran merah)

untuk para pemula seperti saya,tepian garis hitam bisa di hilangkan, tetapi  jia di gunakan sebagai sheet model 3D, lebih baik jangan di hapus untuk memudahkan kita berExplore software 3D yang kita gunakan

Terima kasih telah membaca artikel ini, mari berkarya.

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))